Luncurkan Dual Certification Program, WMSBI Persiapkan Industri Jasa Keuangan Berkompetisi di Era ASEAN Economic Community

Jakarta- Wealth Management Standards Board Indonesia (WMSBI) berkolaborasi dengan Ikatan Bankir Indonesia (IBI)  hari ini secara resmi meluncurkan Dual Certification Program ke publik. Kerjasama sama ini ditandai dengan penandatangan kerjasama oleh Dewan Pembina WMSBI , Omar S Anwar dan Ketua IBI , Zulkilfi Zaini di Jakarta.

Dual Certification Program adalah program pelatihan yang memberikan dua sertifikat sekaligus yaitu Certified Wealth Manager (CWM) dimana uji kompetensi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP)  dan sertifikasi oleh IBI, dan Certified International Wealth Manager (CIWM) yang terakreditasi oleh The Association of International Wealth Management (AIWM), Swiss.

Untuk pelaksanaan Dual Certification Program di Indonesia, WMSBI menunjuk  Magister Manajemen Universitas Gajah Mada (MMUGM),  Priority Banking School (PBS) dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) sebagai official training provider.

Program diselenggarakan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan April dan Agustus  dengan  durasi 20 hari. Pelaksanaan Dual Certification Program perdana pada 12 April 2018.

Dalam kata sambutannya , Omar S Anwar  menyampaikan “Untuk dapat bersaing di era global, sektor industri jasa keuangan tak cukup hanya memenuhi kompetensi sesuai standar dalam negeri, melainkan juga harus memiliki kemampuan bersaing yang berstandar internasional”.

Program Dual Certification Program ini dapat meningkatkan kapasitas, kompetensi dan eksistensi para wealth manager dan calon wealth manager di Indonesia agar dapat bersaing secara global,” tambah Omar.

Sementara, Zulkilfi Zaini mengungkapkan ”Peningkatan kompetensi SDM industri jasa keuangan menjadi hal yang mutlak dilakukan. Dengan terintegrasinya industri jasa keuangan di ASEAN, maka akan memunculkan kompetisi dan kerjasama global  yang semakin tinggi diantara industri. “Peningkatan kompetensi SDM diharapkan membantu industri keuangan nasional agar dapat memanfaatkan MEA secara maksimal”.

Tentang Wealth Management Standards Board Indonesia (WMSBI)

WMBSI adalah lembaga non profit yang didirikan dengan tujuan untuk menetapkan standar yang diakui secara global bagi kualifikasi para profesional di bidang wealth management di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, WMSBI akan mendorong, mempromosikan dan memperkuat edukasi standar global bagi industri wealth management. Hal tersebut teraktualisasi dalam misi WMBSI yaitu  meningkatkan kompetisi wealth manager Indonesia untuk siap menghadapi pasar terbuka regional dan global seperti AEC serta meningkatkan kompetensi manager wealth management agar memenuhi standar global dalam pelaksanaan wealth management.

Sekilas Ikatan Bankir Indonesia (IBI)

Didirikan pada tahun 1992,  IBI merupakan lembaga profesi bankir tunggal yang memilki visi menjadi lembaga profesi bankir yang bermanfaat bagi anggotanya dengan pengembangan profesionalisme, mendorong kegiatan perbankan yang sehat dan membangun perekonomian nasional yang kuat.

Tentang Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP)

LSPP yang didirikan oleh asosiasi profesi dan asosiasi industri perbankan merupakan lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi perbankan. LSPP telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi  Profesi (BNSP) di bidang audit intern bank dan treasury   dealer,  wealth management maupun manajemen risiko.

Mengenai The Association of International Wealth Management (AIWM)

AIWM yang berkantor pusat di Bulich, Swiss, didirikan pada 2007. Asosiasi ini merupakan pengembangan dari Swiss Financial Analysts Association (SFAA). Saat ini AIWM yang beroperasi dalam skala global memiliki lebih dari 3.500 anggota termasuk analis dana keuangan dan investasi, asset manager, wealth manager dan fund manager.(Adv)

 

Sumber : http://www.industry.co.id/read/30246/luncurkan-dual-certification-program-wmsbi-persiapkan-industri-jasa-keuangan-berkompetisi-di-era-asean-economic-community

Leave a Comment