PELUANG PERDAGANGAN IKAN HIAS INDONESIA DI PASAR ASEAN DAN DUNIA

Oleh : Suhana

Analisis Ekonomi Perikanan MEA Center

Email : suhanaipb@gmail.com

Ikan hias merupakan salah satu komoditas unggulan perdagangan ikan Indonesia di pasar Internasional. Negara-negara ASEAN merupakan salah satu negara tujuan ekspor ikan hias Indonesia, misalnya Singapore dan Malaysia. Namun demikian pasar utama ikan hias dunia adalah USA dan negara-negara di wilayah Uni Eropa. Dalam periode tahun 2001-2015 rata-rata dunia mengimpor ikan hias mencapai 320 juta US $. Singapore setiap tahun rata-rata mengimpor sekitar 10 persen dari total impor ikan hias dunia, sementara Malaysia mencapai sekitar 3 persen.

Peluang pengembangan perdagangan ikan hias Indonesia di pasar internasional dapat didekati dengan melihat negara-negara mana saja yang memiliki pertumbuhan impor ikan hias paling tinggi dan share impor ikan hias terhadap total impor dunia nya tinggi. Negara-negara yang memiliki pertumbuhan impor (demand) ikan hias yang tinggi dan share nilai impornya juga tinggi dapat dijadikan sebagai negara tujuan ekspor ikan hias Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, saat ini terdapat 20 negara yang memiliki potensial untuk pengembangan ekspor ikan hias Indonesia di pasar Internasional, dua diantaranya berada di wilayah ASEAN, yaitu Singapore dan Malaysia. Pertumbuhan impor ikan hias Singapore setiap tahunnya rata-rata mencapai 10,54 persen dan Malaysia mencapai 9,58 persen. Tingginya pertumbuhan impor ikan hias tersebut menunjukkan bahwa permintaan ikan hias kedua negara tersebut memiliki peluang yang tinggi sebagai salah satu tujuan ekspor ikan hias dunia. Negara-negara lainnya yang memiliki peluang sebagai negara tujuan eksor adalah USA, UK, Germany, Japan, France, Italy, Belgium, Netherlands, Hong Kong, Spain, Canada, Australia, Mexico, Switzeland, Korea, Norway, Denmark dan Swaeden. Secara grafis negara-negara yang memiliki peluang sebagai tujuan ekspor ikan hias Indonesia di pasar Internasional dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

xx

Gambar xx. Share dan Pertumbuhan Impor Ikan Hias dunia Menurut Negara