Kabar24.com, MANADO – Pemerintah negara Thailand mengungkapkan ketertarikannya untuk membuka peluang kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di berbagai bidang, baik perikanan, pertanian, juga pariwisata.

Ketertarikan Thailand untuk menjalin kerjasama itu disampaikan secara langsung oleh Duta Besar Thailand Pitchayaphant Charnbhumidol saat berkunjung ke Sulawesi Utara dan diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey beserta Wakil Gubernur Steven Kandouw, Selasa (14/11/2017).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan bahwa tujuan kedatangan Duta Besar Thailand tersebut selain memperkenalkan diri juga untuk membuka peluang kerjasama di perikanan, pertanian, juga pariwisata.

“Selain pariwisata, mereka tertarik mengembangkan teknologi pertanian, serta perikanan dan peternakan,” ujarnya.

Olly menerangkan, Thailand membutuhkan suplai atau pasokan ikan yang banyak untuk dikirirm ke negaranya. Thailand juga menawarkan membuat perusahaan pengalengan ikan di Kota Bitung.

Selain itu, kata dia, lantaran melihat persamaan karakteristik iklim di Thailand dan Sulawesi Utara, mereka juga tertarik untuk kerjasama bidang pertanian, karena dianggap sangat cocok.

“Tahun depan mereka tertarik ingin membangun peternakan babi dengan skala besar di sini untuk di ekspor,” ujarnya.

Gubernur Olly tentu sangat merespon niat baik dari Thailand tersebut. Bahkan untuk kerjasama bidang pertanian, Olly juga mengarahkan agar ditanam buah-buahan dan sayur- sayuran untuk di ekspor.

Selain itu juga tanaman jenis jagung dan juga dibangun silo dengan dryer yang bagus agar kualitas jagungnya tidak cepat rusak.

Namun untuk kerjasama bidang perikanan, lantaran menyangkut regulasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Duta Besar Thailand meminta Gubernur Olly dapat memfasilitasi pertemuan antara Menteri KKP Susi Pujiastuti dan Menteri Perikanan Thailand.

http://kabar24.bisnis.com/read/20171115/78/709181/thailand-jajaki-kerjasama-dengan-sulut