RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar sebagai Unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat jenderal Perikanan Budidaya KKP terus bergerak untuk merealisasikan Program restocking (pelepas liaran) benih ikan ke alam. BPBAP Takalar kembali melakukan restocking benih rajungan ke alam, Kamis (7/9/2017)

Jumlah rajungan yang dilepas sebanyak 125 ribu ekor. Benih ini merupakan hasil pembenihan hatchery kepiting BPBAP Takalar. Adapun lokasi restocking yaitu di Perairan pantai Kuricaddia Nisombalia, Kecamatan Marusu Kabupaten Maros.

Kegiatan restocking ini kerjasama BPBAP Takalar , PT. Kemilau Bintang Timur (KBT) dan Harbour seafood. Restocking ini merupakan agenda rutin yang telah dimasukkan dalam perjanjian kerjasama BPBAP Takalar sebagai unit pelaksana teknis dibawah Ditjen Perikanan Budidaya dengan PT. Kemilau Bintang Timur (KBT). PT KBT merupakan perusahaan eksportir rajungan yang kini telah membuka tambak budidaya rajungan.

Dalam acara restocking ini  turut hadir stake holder terkait yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan propinsi Sulawesi Selatan, DKP Kabupaten Maros, Penyuluh Perikanan, BPSPL Maros dan Karantina Ikan .

Ir Nono Hartanto, selaku kepala BPBAP Takalar, yang diwakili oleh Kasie Uji Terap Teknis dan Kerjasama mengatakan bahwa Restocking menjadi salah satu solusi mengatasi penurunan stok rajungan yang menipis yang cukup drastis.

“Tujuan kita adalah mengajak perusahaan agar mempunyai kontribusi dalam kelestarian sumberdaya alam terkhusus komoditas rajungan. Ini merupakan bentuk kompensasi jasa lingkungan yang sudah seharusnya perusahaan berikan,” katanya.

Sementara itu, Ir Aris selaku perwakilan dari PT KBT mengemukakan bahwa PT KBT akan konsisten menjaga kelestarian dan stok rajungan yang ada dialam. Berbagai upaya telah dilakukan agar kelestarian sumberdaya Rajungan dialam tetap terjaga seperti restocking ini.

“PT KBT juga berusaha dan sudah melakukan kegiatan budidaya rajungan di tambak sehingga kedepannya rajungan tidak selamanya menangkap di alam tetapi dibudidayakan sehingga stok rajungan di alam tidak punah,” tambahnya.

Sumber : http://news.rakyatku.com/read/64440/2017/09/07/bpbap-takalar-lepas-125-ribu-ekor-rajungan