Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang memfasilitasi kehadiran rombongan ASEAN Logistics and Transport Services Sectoral Working Groups (LTSSWG) dalam study visit di PIP Semarang Jl Singosari, kemarin. Kunjungan anggota ASEAN LTSSWG di PIP Semarang merupakan bagian dari kegiatan the 86th ASEAN Coordinating Committee on Services (CCS) and Related Meetings pada 31 Januari – 4 Februari 2017 yang berlangsung di Jakarta.

Direktur PIP Semarang Wisnu Handoko menyampaikan PIP Semarang memiliki kurikulum kependidikan pelaut sesuai dengan standar internasional, serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. Selain itu, PIP Semarang juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan maritim dalam memberi kesempatan bagi taruna untuk bisa melakukan praktik kerja (field study) di tahun ke-3 pembelajaran mereka.

”Kami berharap dengan adanya kunjungan dari delegasi negara-negara ASEAN ini dapat terbuka kesempatan untuk program pertukaran pelajar dari PIP Semarang dengan pelajar, mahasiswa dan taruna sekolah maritim di negara ASEAN. Kami juga berharap dapat menciptakan suatu kesepakatan, antara lain melalui pertukaran pelajar”, ungkap Wisnu.

Wisnu mengungkapkan bahwa PIP Semarang memiliki kelas internasional untuk meningkatkan kemampuan pelaut yaitu mengenai Dynamic Positioning (DP). Kelas ini dikelola oleh Dynamic Positioning Training Center (DPTC) yang dikelola oleh rekanan PIP Semarang dengan skema Public Private Partnership (PPP).

”Kelas ini tidak hanya memfasilitas masyarakat Indonesia tapi juga pelaut internasional, termasuk dari negara-negara ASEAN.”

Senior Specialist in Maritime Transport (Economics), Maritime Promotion Division, Marine Department, Thailand, Ms Kamolwan Kularbwong menyambut baik keinginan PIP Semarang yang membuka kemungkinan adanya kerja sama pendidikan di masa mendatang.

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/digagas-kerja-sama-antarpelaut-asean/