Pemerintah Jepang menyatakan tekadnya untuk mendukung Indonesia menjadi Ketua ASEAN, periode tahun 2017.

Kepemimpinan Laos sebagai ketua ASEAN telah berakhir pada akhir Desember 2016.

“Mutlak diperlukan kepemimpinan Indonesia dan saya bertekad untuk secara kuat mendukung Presiden Jokowi,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat memberikan keterangan pers usai pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1).

PM Abe menjadi tamu negara pertama yang diterima Presiden Jokowi, pada awal 2017. Selain itu, PM Abe juga menjadi pemimpin negara pertama yang diterima Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Pada pertemuan itu, kedua pemimpin membahas berbagai hal di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, politik, dan keamanan.

Presiden Jokowi dan PM Abe juga membahas sejumlah isu regional, seperti sengketa Laut Tiongkok Selatan, pengembangan senjata nuklir dan peluru kendali Korea Utara, serta isu regional menyangkut kepemimpinan Asean pada 2017.

“Saya dengan Presiden Jokowi melakukan tukar pendapat yang bermakna mengenai perkembangan situasi kawasan. Jepang akan memberikan dukungan yang sebesar-besarnya bagi Asean, yang tahun ini akan memasuki usia 50 tahun untuk menegaskan prinsip kesatuan dan sentralitas Asean, yang berkembang menuju setengah abad berikutnya,” jelas PM Abe.

Sumber: http://www.beritasatu.com/dunia/409474-jepang-dukung-indonesia-pimpin-asean.html