Pemerintah Indonesia meminta Jepang memperbesar akses produk pertanian dan perikanan masuk ke negara Matahari Terbit itu.

“Dalam bidang perdagangan kita minta akses produk pertanian dan perikanan kita ke pasar Jepang ditingkatkan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rapat tertutup membahas persiapan pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan PM Jepang Shinzo Abe di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Pertemuan kedua pemimpin negara itu dijadwalkan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor pada Minggu 15 Januari 2017. Menlu menjelaskan untuk kerja sama skala besar sudah didahului dengan pertemuan teknis yang cukup lama dengan melibatkan menteri-menteri terkait. “Kuncinya adalah kerja sama yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Ia menyebutkan kerja sama bidang ekonomi dengan Jepang tidak hanya bidang perdagangan, tetapi juga lainnya termasuk investasi. “Nanti saya secara detil akan sampaikan setelah pertemuan, fokus ekonomi bisa perdagangan, investasi dan lainnya,” tambahnya.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2017/01/11/320/1588898/indonesia-minta-jepang-perbesar-akses-produk-pertanian-perikanan