Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berkomitmen mengembangkan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di  20 pulau terluar Indonesia. Salah satu upaya KKP dalam pengembangan SKPT di antaranya menggandeng Blackspace, perusahaan investor dari Rusia yang turut berkomitmen dalam kerjasama untuk mengembangkan infrastruktur kelautan dan perikanan di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap kerjasama dengan Blackspace dapat membantu proses pengembangan SKPT yang merupakan salah satu program prioritas KKP.

“Blackspace saya harap dapat berkomitmen untuk secara bersama-sama dengan Indonesia dalam mengembangkan SKPT di pulau terluar Indonesia. Saya sangat mendukung blackspace dalam kerjasama ini, juga dengan Perindo nanti,” ujar Menteri Susi saat menjadi panelis dalam Forum Bisnis Indonesia – Rusia 2016 di Ballroom JW Marriott Hotel, Senin (31/10).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Blackspace Oleg Bundukov juga menyatakan komitmen Blackspace dalam mengembangkan SKPT, khususnya dalam pembangunan sarana dan prasarana pengolahan produk perikanan. Blackspace merupakan perusahaan yang bergerak di bidang batubara dan sedang mengembangkan usaha di bidang perikanan.

“Kami telah memilih 10 lokasi di Indonesia untuk membangun bisnis di bidang perikanan. Kami sedang merancang bisnis plan di setiap lokasi. Ini bidang yang sangat bagus dan kami melihat peranan Blackspace untuk mendukung Indonesia di bidang perikanan,” ujar Oleg.

Lebih lanjut Oleg mengungkapkan, Blackspace juga akan mengoptimalkan kesempatan kerjasama yang terjalin antara perusahaannya dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan KKP.

“Kami bekerja sama dengan BUMN agar kami bisa mengunakan secara maksimal fasilitas BUMN tersebut dan dibantu juga dengan pengalaman dari KKP,” jelas dia.

Selain investasi di bidang pengolahan perikanan, Blackspace juga akan melakukan pembangunan pembangkit tenaga listrik yang berguna bagi masyarakat dan perusahaan dalam lingkup SKPT.

“Kami juga akan melakukan pembangunan pembangkit tenaga listrik untuk memyuplai listrik kepada penduduk dan perusahaan lain. Kami sangat antusias mengembangkan usaha kami di bidang batubara maupun perikanan,” tutup Oleg.

Sumber: http://news.kkp.go.id/index.php/kembangkan-skpt-kkp-gandeng-blackspace-dari-rusia/