Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan menghibahkan lahan seluas 40,9 hektar untuk dijadikan Balai Induk (Broodstock Center) Perikanan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.
“Dengan dibangunnya Balai Induk Perikanan di Musirawas ini menunjukkan bahwa program Nawacita Presiden Jokowi semakin bergelora di seluruh wilayah Indonesia,” kata Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Kabupeten Musi Rawas, Rudy Setiyono, dalam siaran persnya.

Dia berharap, jika Balai Induk ini berhasil dibangun di tahun 2017 mendatang, terwujudlah salah satu program Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Selain itu, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas telah menyerahkan lahan seluas 40,9 hektar di Desa Babat, Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu, ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pada lahan tersebut akan dibangun Balai Induk (Broodstock Center) perikanan yang terbesar di tingkat nasional, di atas Jambi dan Sukabumi.

Bupati Mura, Hendra Gunawan, mengatakan penyerahan hibah itu mengingat bangunan Broodstock Center sudah direncanakan sejak 2010. Tetapi, selalu terkendala aturan dan perizinan yang berubah. Diharapkan, Broodstock dapat segera dibangun setelah lahan dihibahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kami berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dapat melakukan pembangunan. Karena, berimbas dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” jelas Hendra Gunawan, kemarin, usai penyerahan hibah lahan ke Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto, di Gedung Mina Bahari IV Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta.

Slamet Soebjakto mengaku gembira pembangunan Broodstock Center mendapat apresiasi langsung dari Bupati. Bahkan, Bupati datang menyerahkan surat hibah lahan ke Jakarta.

“Kita buat di lokasi itu juga kawasan budidaya, pembenihan, dan pengolahan. Bahkan, kita buat kawasan ikan lokal yang ada. Sehingga, seluruh perikanan bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Sumber: http://nusantara.rmol.co/read/2016/08/13/256847/Broodstock-Center-Terbesar-Dibangun-Di-Musi-Rawas-