Sebagai salah satu bangsa besar, Indonesia perlu menerapkan perannya untuk selalu aktif dalam mendukung setiap kolaborasi dan inisiatif baik di tingkat regional dan juga global, khususnya dibidang UKM atau Usaha Kecil dan Menengah dimana UKM sebagai salah satu pondasi perekonomian bangsa. Menurut Menteri Koperasi dan UMKM Bapak AAGN Puspayoga pada tanggal 16 Juni 2016 di Amerika Serikat melalui acara ICSB International Country Small Business, World conference 2016. Lanjutan Acara ICSB yang dilaksanakan pada Selasa, 09 Agustus 2016 Kemarin Bapak Menteri Koperasi dan UMKM tersebut menyebutkan bahwa pada dasarnya ada 4 landasan dalam membangun Indonesia pada saat ini dengan adanya UMKM di bidang Infrastruktur, Tourism, Energi, dan juga Maritim. Apabila keempat landasan tersebut dapat dilaksanakan dan mencapai keberhasilan makan pertumbuhan ekonomi akan meningkat sehingga kemiskinan seharusnya berkurang karena lapangan kerja yang meningkat dan pengangguran berkurang. Nilai KUR pada pemerintahan sebelumnya membuat UKM disulitkan, namun dengan adanya penurunan nilai KUR menjadi 9% bagi UKM membuat peluang pengusaha kecil semakin baik dan berkembang. Apabila ke-4 landasan materi tersebut dapat berjalan secara seimbang dan sesuai maka Indonesia dapat menjadi negara yang bertumbuh dengan pesat dan mendapatkan pemerataan secara adil yang dapat memperkokoh NKRI.

Dari Ke-4 landasan tersebut yang harus dimiliki oleh UMKM saat ini ada nilai kreativitas dan nilai Produktifitas. Menurut Bapak Hermawan Kertajaya, sebagai bangsa yang besar dan memiliki banyak SDM yang dapat berkembang, UKM di Indonesia harus memiliki landasan prinsip yang memiliki jiwa entrepreneurship sejati. Apabila membangun sebuah perusahaan maka harus memiliki kreativitas dan produktivitas tinggi. Memiliki Perusahaan baru harus dengan ketelitian dan mental yang kuat karena jiwa pengusaha dipengaruhi oleh mental yang harus berkembang. Adapun perubahan pasar yang terjadi setiap saatnya membuat UKM atau pengusaha harus memiliki jiwa kreativitas yang tinggi, jika pasar tidak mendukung produk yang dihasilkan maka perusahaan ataupun UKM tersebut akan mengalami kebangkrutan karena tidak adanya pemasukan yang diterima. Sehingga dari semua hal yang harus dimiliki setiap UKM harus memiliki marketing yang baik. Penjualan barang maupun jasa yang diberikan tidak akan percuma apabila market dari sebuah perusahaan mengikuti pasar global yang sedang berlaku. Jiwa Kepemimpinan dan juga manajemen waktu merupakan hal utama dalam membangun suatu perusahaan, hal inovatif setiap waktunya menjadi modal utama dalam membentuk dan mempertahankan kemajuan dari UKM tersebut. 20160809_145244

Gambar 1. Entrepreneurship and Business Cycle