Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastutilolos dari reshuffle Kabinet Kerja, walau dia menyadari cap kontroversial melekat kepadanya. Terlebih, soal ketegasannya dalam menerapkan beragam kebijakan guna mengatasi aktivitas penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

“Saya dikenal kontroversial dalam memerangi penangkapan ikan secara ilegal,” kata Menteri Susi saat membuka Ministerial Meeting on Traceability of Fish and Fisheries Product di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (27/7/2016).

Menurut dia, Indonesia telah mengambil berbagai langkah, kebijakan tegas, serta investigasi yang dilakukan dalam rangka mengatasi aktivitas pencurian ikan.

Ketegasan, kata dia, penting karena penangkapan ikan secara ilegal sebenarnya tidak hanya soal perikanan. Tetapi juga memiliki dampak kepada tindak pidana lainnya antara lain perdagangan orang, hewan langka, serta narkoba.

“Pekan lalu saya berbagi ini dengan FAO di Roma bahwa penangkapan perikanan secara ilegal bukan hanya berbicara tentang ikan,” kata Susi.

Indonesia, kata dia, memiliki batasan laut yang luas sehingga penting pula agar berbagai negara untuk mengatasi masalah ini tanpa berdampak kepada hubungan bilateral antarnegara.

Sumber: http://news.liputan6.com/read/2562347/menteri-susi-tak-kena-reshuffle-walau-dikenal-kontroversial