Kementerian Kelautan dan Perikanan membentuk sentra inovasi teknologi dan bisnis di Simeulue, Aceh, sebagai salah satu perwujudan program prioritas untuk pulau terdepan, di mana Simeulue menjadi salah satu sasaran program tersebut.

“Investasi KKP melalui program PSKPT (Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) di Simeulue sejak 2015 hingga kini telah mencapai sekitar 59 miliar rupiah yang tersebar pada berbagai kegiatan dan lokasi di Simeulue. Harapannya adalah investasi tersebut bermanfaat langsung untuk masyarakat,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembang Kelautan dan Perikanan KKP Zulficar Mochtar dalam acara “Inisiasi Implementasi Hasil Penelitian Untuk Mengembangkan Perekonomian Simeulue,” Kamis (28/7/2016).

Dia mencontohkan untuk pembangunan infrastruktur di PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Lugu telah dihabiskan sekitar Rp14 miliar yang meliputi renovasi “cold storage”, pembangunan pabrik es dan “Air Blast Freezer” (ABF).

Investasi yang telah ditanamkan tersebut, katanya, akan mempunyai dampak langsung pada masyarakat Simeulue, jika dilengkapi dengan kajian inovasi.

Ia memaparkan untuk mengotimalkan pemanfaatan investasi dari program PSKPT Simeulue, dalam pembangunan ekonomi Simeulue diperlukan kombinasi inovasi produk, inovasi proses, inovasi distribusi atau pemasaran, dan inovasi manajemen atau organisasi.

“Namun, saat ini sedang berkembang inovasi sosial yang sangat efektif mengerakkan perekonomian,” katanya.

Untuk meningkatkan Lapangan Kerja Industri Pengolahan yang mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menumbuhkan bisnis di Simeulue, Sentra Inovasi Teknologi dan Bisnis Simeulue melakukan terobosan melalui tiga pilar.

Zulficar mengungkapkan tiga pilar yang dimaksud, yaitu menjadikan inovasi sebagai motor penggerak perekonomian, menumbuhkan wirausaha di Simeulue, serta pembentukan kelembagaan yang dapat menjadi pelopor pemanfaatan inovasi dan penumbuhan kewirausahaan dalam perekonomian Simeulue.

Ia juga menuturkan peran dari Sentra Inovasi Teknologi dan Bisnis Simeulue adalah membangun jaringan kerja dengan berbagai pemangku kepentingan.

Tujuannya, katanya, mendorong para pelaku usaha atau pengusaha dari luar Simeulue, berintegrasi dalam perekonomian Simeulue.

Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20160728/99/570045/kementerian-kelautan-dan-perikanan-bangun-sentra-inovasi