Dinas Perikanan dan Kelautan menggelar Seminar Pendahuluan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZMP3K) Provinsi Riau di Hotel Arya Duta, Senin ( 25/7/2016).
Seminar langsung menghadirkan pemateri dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dr Ir Krishna Samudra MSi, sebagai Direktorat Jendral Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.
Krishna, selaku Kasubag Wilayah Pesisir mengatakan, adapun rencana zonasi wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) yang nantinya akan menjadi instrumen perizinan untuk di wilayah provinsi sesuai undang-undang 23 untuk pengelolaan dari 0-20 mil itu di Provinsi.
“Jadi semua yang memanfaatkan perairan kisaran 0-12 mil, maka harus ada perizinan dari (RZWP3K) terlebih dahulu,” Ujar Krishna.
Untuk Verifikasi jumlah pulau-pulau sesuai diposit PBB, pulau-pulau yang sudah ada nama berjumlah 13.466.
“Tujuan seminar ini agar tersusunnya zonasi RZWP3K sesuai undang-undang 23, dimana kewenangan pengurusan dan perizinan 0-20 mil menjadi kewenangan provinsi,” tambah Tien Mastina Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau.
Dalam pemanfaatnya akan diatur dalam zonasi yang merupakan lintas sektor, untuk penyusunan ini terlibat juga seperti Lingkungan Hidup, Pertanian, Perikanan, Pariwisata dan Perhubungan.
“Tahapannya masih panjang, masih banyak tahapan lagi yang harus dilakukan yang jelas akan melakukan penyusunan data terlebih dahulu,” tutup Tien Mastina.