Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) melakukan pembekalan pelatihan SDM pariwisata melalui sertifikasi, SDM KUKM bidang ekspor dan ritel koperasi melalui SKKNI, serta pelatihan permahaman perkoperasian bagi PPK. Pelatihan ini melibatkan 330 peserta dari pelaku usaha, tour guide dan pengelola homestay di Bali.

“Berikan perhatian lebih, dengan pelatihan ini masyarakat lokal (Bali) bisa jadi bos di rumah-nya sendiri,” kata Menteri Koperasi dan UKM Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam keterangan tertulis, Minggu (24/7/2016).

Di tempat yang sama, Deputi bidang Pengembangan SDM, Kemenkop UKM Prakoso BS menjelaskan, acara pelatihan yang dilakukan untuk menyiapkan SDM yang handal dalam menghadapi pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Masing-masing peserta akan dibekali sertifikat usai mengikuti pelatihan selama tiga hari.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan di Bali sudah bisa mencapai di atas 50% pengeloa homestay dan guide mempunyai sertifikasi dimana saat ini baru 35%,” ujar Prakoso.

Sumber: http://krjogja.com/web/news/read/3767/Kemenkop_Latih_SDM_Hadapi_Pasar_ASEAN