Perusahaan perikanan terpadu, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. mengampanyekan gemar makan ikan untuk mendorong peningkatan produksi, sekaligus memperkuat daya saing industri perikanan nasional.

Direktur Utama Dua Putra Utama Makmur Witiarso Utomo mengatakan kampanye ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang juga ingin meningkatkan konsumsi produk perikanan dalam negeri.

“Rencananya, kami akan terus menggalakkan kampanye gemar makan ikan ini. Harapannya, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin saat event tertentu supaya produk ikan dan udang semakin dicintai masyarakat,” katanya kepada Bisnis, Selasa (14/6).

Dua Putra Utama Makmur memulai kampanye gemar makan ikan dari Pati, Jawa Tengah, pada akhir bulan lalu. Kegiatan tersebut sekaligus merupakan rangkaian acara ulang tahun perseroan.

Pada kegiatan gemar makan ikan pertama itu, Dua Putra Utama Makmur membagikan 10 kg ikan dan 10 kg udang kepada masyarakat.

“Kami melihat masyarakat merespons positif  bazar gemar makan ikan di Pati. Selain itu, perseroan juga mendapat dukungan dari Bupati Kabupaten Pati Haryanto terkait gerakan ini,” katanya.

Dia mengatakan kegiatan gemar makan ikan juga menjadi sarana perusahaan mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai konsumen produk perikanan. “Kami juga difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati.”

Komisaris Utama Dua Putra Utama Makmur Witjaksono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk menunjang peningkatan kapasitas produksi.

“Kami berencana mengembangkan cold storage. Keputusannya akan diambil pada pertengahan tahun,” katanya.

Berdasarkan catatan Bisnis, emiten perikanan terpadu tersebut telah membelanjakan capital expenditure untuk penambahan kapal baru dan cold storage.

Pada akhir tahun ini, perusahaan itu menargetkan akan mengoperasikan total 25 unit kapal. Saat ini, perseroan telah mengoperasikan tiga unit kapal, dan dua unit kapal dalam proses pengurusan izin. Sedangkan untuk cold storage , targetnya akhir tahun bisa memiliki total kapasitas sebesar 30.000 ton.

“Kondisi industri perikanan di Indoensia sangat menjanjikan pada tahun ini, seiring dengan berbagai regulasi yang mendukung. Kami juga tidak menemukan kendala baik dari sisi permintaan dan pemenuhan pasokan,” paparnya.

Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20160614/99/557550/produsen-kampanye-gemar-makan-ikan-