Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) berencana menggenjot ekspor bandeng dan patin ke Timur Tengah. Selama ini pasar ekspornya dikuasai oleh Vietnam dan Filipina

Menurut Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo, ekspor bandeng ke Timur Tengah saat ini dikuasai Filipina. Sementara Vietnam menguasai ekspor patin.

“Kami juga sudah ada ekspor bandeng dan patin ke Timur Tengah, tapi kecil sekali, angkanya saya lupa. Targetnya akan kita perbesar,” katanya, kepadadetikFinance, di Sochi, Rusia, Jumat (20/5/2016).

Konsumsi bandeng dan patin Timur Tengah saat ini cukup tinggi karena banyaknya orang Asia Tenggara yang tinggal di sana. Pemerintah akan memperhatikan mutu serta harga bandeng dan patin terlebih dahulu sebelum dikirim ke sana.

“Nanti kita akan masuk dari sisi halal, atau sisi kehalalannya supaya bisa makin banyak masuk Timur Tengah,” jelasnya.

Nilanto menambahkan, peluang paling besar adalah menggenjot ekspor bandeng melawan Filipina. Sementara untuk patin, kata dia, agak sulit melawan Vietnam sebagai pengekspor terbesar.

“Patin Vietnam itu sulit dikalahkan. Soalnya mereka punya lingkungan yang mendukung. Sungai Mekong itu menjadi modal andalan mereka,” ujarnya.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2016/05/21/095443/3214663/4/ingin-salip-vietnam-dan-filipina-susi-genjot-ekspor-bandeng-ke-timteng