Keberadaan pelabuhan perikanan merupakan hal vital dalam menunjang aktivitas perikanan tangkap. Berbagai macam kegiatan pengelolaan sumber daya ikan, praproduksi, produksi, pengolahan, pemasaran ikan hingga pengawasan dilakukan di pelabuhan perikanan. Melihat hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Pelabuhan Perikanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) terus menggenjot peran pelabuhan perikanan secara optimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Narmoko Prasmadji menegaskan pengembangan dan operasional pelabuhan perikanan diamanatkan untuk membantu penanggulangan kemiskinan, meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan daya saing produk perikanan dan meningkatkan ekspor perikanan.

“Hal ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019,” katanya, saat memberi sambutan dan arahan pada kegiatan proyeksi operasional dan asistensi dokumen teknis usulan pengembangan fasilitas pelabuhan perikanan di Cirebon, akhir April lalu.

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan revitalisasi pengelolaan pelabuhan perikanan. Mengubah paradigma dan cara berpikir dari pengembangan atau pembangunaan fisik pelabuhan perikanan (hard-infrastructure) ke arah non fisik (soft-infrastructure).

Sementara itu, Direktur Pelabuhan Perikanan Agus Suherman mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memperoleh informasi mengenai tingkat pemanfaatan fasilitas pelabuhan perikanan, membuat proyeksi terhadap tingkat operasional pelabuhan perikanan dan rencana pengelolaan serta kebutuhan fasilitas untuk mendukung tingkat operasional pelabuhan perikanan serta memberikan asistensi atas dokumen perencanaan yang berkaitan dengan usulan pembangunan yang dapat dibiayai oleh Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat.

“Output dari kegiatan ini adalah tersusunnya proyeksi operasional pelabuhan perikanan UPT Pusat dan tersusunnya data informasi usulan pengembangan pelabuhan perikanan. Selain itu pembangunan, pengembangan dan pengelolaan pelabuhan perikanan diupayakan untuk mendorong peningkatan ekonomi melalui pola konektivitas antar pelabuhan perikanan,” ujarnya.

Sumber: http://kkpnews.kkp.go.id/index.php/dorong-pertumbuhan-ekonomi-kkp-optimalkan-peran-pelabuhan-perikanan/