Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat produk perikanan Indonesia berjaya di Malaysia. Berdasarkan data 2015, ekspor produk perikanan Indonesia ke Malaysia sebesar USD140 juta atau senilai Rp1,82 triliun (kurs Rp13.000 per USD).

Untuk impornya, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Narmoko Prasmadji mengatakan, hanya sebanyak USD19 juta atau setara Rp247 miliar. Artinya, Indonesia surplus perdagangan produk perikanan sebesar USD121 juta atau senilai Rp1,57 triliun.

Sementara untuk impor, jelas dia, Indonesia hanya melakukan untuk produk-produk perikanan tertentu seperti ikan kembung. Menurut dia, impor tersebut dilakukan saat tidak banyak ikan kembung wilayah perairan laut Indonesia.

Namun demikian, pemerintah tengah mengurangi impor produk ikan kembung itu. Wilayah perairan laut yang luas jadi keyakinan Narmoko bila ikan kembung bisa dipasok dari wilayah-wilayah Indonesia yang justru banyak ikan kembungnya.

“Tapi kan sekarang dengan adanya populasi ikan luar biasa, kita sudah tidak impor lagi dari Malaysia. Terus kemudian Malaysia minat kerjasama produk perikanan yang lebih baik lagi, terus dia minta untuk bisa belajar di Indonesia untuk belajar cara penangkapan dan sebagainya,” pungkas Narmoko.

Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/nbwdJqmk-indonesia-catat-ekspor-produk-ikan-ke-negeri-jiran-capai-usd140-juta