Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) melakukan serangkaian kegiatan pendampingan penyuluh pada 6-8 April 2016 lalu di Batam, Kepulauan Riau.

Serangkaian kegiatan tersebut antara lain yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Produksi Kelautan dan Perikanan, Sosialisasi Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK) Perkoperasian dan Workshop Pemutakhiran, serta Validasi dan Evaluasi Data Sistem Manajemen Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Simluhdaya KP).

Kegiatan pendampingan penyuluh perikanan dalam rangka peningkatan produksi kelautan dan perikanan ini merupakan yang pertama kalinya di tahun 2016. Sebanyak 50 penyuluh perikanan dari 11 provinsi turut serta sebagai peserta Bimtek; 36 peserta dari 11 provinsi sebagai pesertaWorkshop, dan 32 peserta dari Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan Kota Batam sebagai peserta sosialisasi NSPK Perkoperasian.

“Di bidang penyuluhan kelautan dan perikanan, penerima manfaat penyuluhan di lapangan didorong untuk berkelompok dalam memulai dan mengembangkan usahanya,” ujar Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Pusluhdaya KP), Endang Suhaedy.

Endang menambahkan bahwa kinerja penyuluhan di sektor kelautan dan perikanan salah satunya diukur dari kemandirian kelompok melalui pendampingan dan pembinaan oleh penyuluh. Sementara kemandirian kelompok masyarakat diukur melalui meningkatnya kemampuan kelas kelompok tersebut.

“Kelompok yang dinilai harus memenuhi kriteria sesuai Petunjuk Teknis Menuju Kelompok Mandiri yang terdiri dari tiga aspek, terdiri dari aspek teknis dan manajemen, aspek keuangan, dan aspek sosial-ekonomi,” ungkap Endang.

Oleh karena itu, penerima bantuan program KKP ditujukan bagi kelompok-kelompok tersebut sehingga tepat sasaran.

“Koperasi perikanan penerima bantuan program KKP disiapkan secara matang, baik dari segi kapasitas SDM, kelembagaan, keuangan, maupun aspek-aspek lainnya melalui kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dengan berbagai tahapan proses. Salah satu bantuan program KKP di 2016 adalah pengadaan 3.345 kapal perikanan bagi koperasi nelayan,” ujar Endang.

Sumber: http://kkpnews.kkp.go.id/index.php/pendampingan-penyuluh-kkp-tingkatkan-produksi-kelautan-dan-perikanan/