Memasuki pasar bebas ASEAN, berbagai sektor kini tengah mempersiapkan berbagai hal. Kualitas sumber daya manusia hingga teknologi pun dipersiapkan agar Indonesia dapat bersaing bersama negara-negara di Asia Tenggara.

Tak terkecuali industri kosmetik. Industri yang kini telah dapat bersaing di pasar domestik ini kini juga berencana akan merambah pasar ASEAN.

“Kalau kosmetik dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) kita ambil positif. Pasar kita bisa dua kalinya. Hanya saja bagaimana kita bisa mempromosikan produk kita,” kata Owner Wardah Cosmetics Nurhayati Subaka saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Saat ini, lanjutnya, industri kosmetik di Indonesia telah berhasil bersaing dengan pelaku usaha kosmetik asing. Dengan begitu, melihat tingkat persaingan yang sama maka industri kosmetik di Indonesia memastikan siap untuk merajai pasar bebas ASEAN.

“Kalau kita menjadi raja di negeri sendiri seharusnya bisa keluar. Sebenarnya kalau di sini kita saingannya multinasional juga. Sehingga kalau keluar lebih gampang,” tukasnya.

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/03/23/320/1343707/industri-kosmetik-indonesia-siap-rajai-pasar-asean