Keikutsertaan Indonesia di Seafood Expo North America (SENA) di Boston, Amerika Serikat membuat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti optimis Indonesia mampu memasarkan hasil lautnya di sana. Dalam acara itu Menteri Susi berkesempatan untuk membuka acara di Paviliun Indonesia.

SENA sendiri merupakan ajang prestisius, yang mempertemukan para pemasok produk perikanan dan pembeli dalam setiap kategori pasar termasuk restoran, jasa makanan, importir, dan industri pengolahan di setiap tahunnya.

Acara tersebut tahun ini diikuti sebanyak 46 negara, di antaranya Tiongkok, Islandia, Irlandia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan lainnya. Sebanyak 16 perusahaan perikanan mengisi Paviliun Indonesia pada pameran yang dihelat 6-8 Maret 2016 di Boston.

Keikutsertaan dalam pameran SENA 2016 ini, menurut Susi, menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk memperluas pasar eskpor perikanan ke berbagai belahan dunia.

“Namun syaratnya, produk seafood Indonesia harus menerapkan tata kelola yang lebih bertanggung jawab, karena hal itu menjadi tuntutan dunia,” ujar Susi dalam siaran persnya, Selasa (8/3/2016).

Potensi Indonesia sangat besar, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Selain itu, saat ini pasar dunia juga menyukai produk perikanan Indonesia. Cara tersebut juga bisa digunakan industri perikanan Indonesia untuk memanfaatkan pasar dunia yang besar dan terbuka lebar.

“Saya berharap Seafood expo ini bisa memberikan masukan yang besar untuk perikanan Indonesia, terutama pemain-pemain (pengusaha perikanan) lebih handal dan compliance,” harap Susi.

Sumber: http://riaupos.co/104023-berita-ikuti-sena-susi-optimis-indonesia-perluas-pasar-perikanan.html