Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Pusluhdaya KP), Endang Suhaedy mengatakan, kelompok perikanan mandiri yang akan dibentuk di Sumatera Utara berbasis sosial ekonomimaritim.

“Ini kan ada koperasi perikanan, yang wujud kelembagaan ekonomi pelaku utama perikanan mandiri dalam mewujudkan kedaulatan ekonomi berbasis kerakyatan dan berbasis sosial ekonomi maritim,” ujarnya saat acara bimbingan teknis di Hotel Garuda Plaza, Jumat (4/3/2016).

Dijelaskannya, kelembagaan koperasi perikanan harus berbadan hukum usaha sesuai UU No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian. Selain itu, sesuai amanah Pasar 298 ayat 5 UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang kelompok perikanan diarahkan untuk berbadan hukum.

Ini sebagai langkah antisipatif perlindungan hukum, sarana promosi, bukti kepatuhan pada hukum, dan untuk mempermudah pengembangan usaha dan akses ke perbankan serta lembaga keuangan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) menggelar Bimtek pendampingan peningkatan kelas kelompok pelaku utama perikanan.

Acara yang digelar di Ruang Rajawali B, Hotel Garuda Plaza Medan ini diikuti 40 orang penyuluh perikanan dari 38 Kabupaten dan Kota regional Sumatera.

Sumber: http://medan.tribunnews.com/2016/03/04/kelompok-perikanan-mandiri-berbasis-ekonomi-maritim