Daerah Diminta Membentuk Koperasi Nelayan

Jayapura, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, meminta pemerintah kabupaten dan kota di wilayah pesisir Papua segera membentuk kelompok dan koperasi nelayan. Keberadaan kelompok dan koperasi itu memudahkan  mendapat bantuan kapal nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Karena dari 13 kabupaten dan kota, baru beberapa yang sudah mengambil bantuan kapal nelayan, seperti Sarmi 27 kapal, Waropen 17 kapal, Merauke, Mimika dan Biak Numfor,” kata  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, F.X Mote, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (16/1/2018).

Mereka sudah mendapat kapal karena sudah membentuk koperasi. Jumlah kapal setiap daerah berbeda karena disesuaikan dengan kemampuan. Sedangkan  pemerintah provinsi hanya memfasilitasi terbentuknya koperasi, kemudian akan dilakukan verifikasi oleh kementerian.

“Jenis kapal berbeda-beda mulai dari 3 GT,  hingga 10 GT, bahkan ada daerah yang menerima sampai dengan 36 GT. Intinya 13 kabupatan pesisir pantai bisa mendapat kapal dari kementerian,” ujar Mote menambahkan.

Ia menekankan agar bupati dan kepala dinas harus bekerja keras membentuk kelompok nelayan dan menyiapkan koperasi. Hal itu sebagai tugas pemerintah kabupaten dan kota memfasilitasi memberikan rekomendasi  agar bantuan keluar.

Fitra, seaorang nelayan Kota Jayapura berharap bisa segera mendapat bantuan kapal nelayan dari pemerintah pusat, agar dimanfaatkan masyarakat nelayan melalui kelompok yang sudah terbentuk.

“Program ini sangat baik karena tidak semua nelayan memiliki fasilitas yang memadai, tentu ini harus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan orang Papua,” kata Fitra. (*)

 

Sumber : http://tabloidjubi.com/artikel-13012-daerah-diminta-diminta-membentuk-koperasi-nelayan.html

Alexander Loen
Editor : Edi Faisol

Leave a Comment

%d bloggers like this: