Pemerintah Kab.Kep. Selayar Ajak KUB Bentuk Koperasi Dan Aktifkan HNSI

Pertemuan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan se- Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung dipendopo rumah jabatan Bupati pada, Senin, 15 Januari 2018.

Pertemuan KUB Nelayan Selayar ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Dr. Ir. H. Marjani Sultan. M.Si, Kadis Kelautan dan Perikanan, Ir, Makkawaru dan Pemerhati Nelayan Selayar, M.Rapsel Ali, dan Disperindagkum, Sekretaris DKP, serta seratusan nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan se-Kabupaten Kepulauan Selayar.
Dalam pertemuan ini, dibahas perihal pembinaan dan pemberian bantuan terhadap masyarakat nelayan, pembentukan koperasi nelayan dan pembaharuan pengurus Himpunan Nelayan Selayar Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Selayar.
Mengawali pertemuan dengan para nelayan, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Ir. Makkawaru menyampaikan bahwa pembentukan koperasi nelayan sangat penting untuk para KUB nelayan yang telah ada. Hal ini akan sangat mendukung program peningkatan kesejahteraan nelayan yang saat ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.
Menurutnya, jika kelompok usaha bersama dari nelayan ini membentuk koperasi, maka bisa mendapatkan bantuan nelayan, baik itu dana dari lembaga pengelola dana bergulir koperasi maupun perbankan dan tidak tertutup kemungkinan dari anggaran pusat.
Oleh karena itu, Ir, Makkawaru mengharapkan KUB Nelayan di Selayar ini bisa bersatu menjadi satu koperasi. Karena tuntutan di undang-undang dianjurkan untuk mendapatkan bantuan dari segi fisik maupun non-fisik harus berbadan hukum atau koperasi.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan. M.Si kepada para KUB menjelaskan bahwa cikal bakal dari lahirnya sebuah koperasi nelayan adalah kelompok usaha bersama nelayan (KUB). Sehingga dibutuhkan satu kebersamaan oleh para KUB demi mencapai kesejahteraan bersama.
Lebih lanjut, Dr. Ir. H. Marjani Sultan. M.Si berharap agar HNSI Kabupaten Kepulauan Selayar segera melakukan pembaharuan kepengurusan dan meminta agar HNSI bisa aktif. Mengingat HNSI adalah motor penggerak kesejahteraan nelayan.
Ia juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada M. Rapsel Ali salah seorang pengusaha, putra daerah yang berkiprah dipusat, karena keinginannya dan mau meluangkan waktunya memperhatikan peluang kesejahteraan nelayan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Nama M. Rapsel Ali disebut oleh Sekda sebagai salah seorang Pembina Nelayan yang tergabung dalam HNSI Kabupaten Kepulauan Selayar.
Dalam pertemuan tersebut juga dilaksanakan diskusi dan interaktif langsung dengan para KUB Nelayan dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang pada intinya membahas tentang pembentukan Koperasi Nelayan, Pembaharuan kembali kepengurusan HNSI Kabupaten Kepulauan Selayar dan diskusi menyangku kesejahteraan nelayan didaerah ini. (Lo2)
Sumber : http://www.mediaselayar.com/2018/01/pemerintah-kabkep-selayar-ajak-kub.html
Penulis Media Selayar

Leave a Comment

%d bloggers like this: