Jepang Menganggap Indonesia dan ASEAN sebagai Tren 2018

Jakarta- Jepang menilai Indonesia sebagai tren di 2018 yang patut diperhatikan. Apalagi, tahun ini hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia memasuki usia ke-60 tahun.

“Jepang selalu memerhatikan Indonesia. Sebagai mitra kerja sama strategis kami, Indonesia menjadi tren 2018 untuk kami,” kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii dalam acara Ambassador Talk yang digelar oleh Ikatan Alumni Program Habibie di Kementerian Koperasi dan UMKM, Jakarta, Sabtu 13 Januari 2018.

“Indonesia juga mitra penting kami untuk kerja sama strategis Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” lanjut dia lagi.

Selain itu, Dubes Ishii juga menjelaskan tentang politik luar negeri Jepang yang kini tengah mengeratkan hubungan dengan Tiongkok dan juga Amerika Serikat.

Menurut prediksinya, Tiongkok akan semakin bangkit di tahun 2018, terlebih tahun-tahun ke depan, diikuti dengan kebangkitan India. Sementara, AS masih memegang posisi super power hingga 2030.

“Tak hanya itu, kami juga menilai bahwa Indonesia sangat mumpuni untuk melebarkan kerja sama, dan kami juga tidak melupakan ASEAN,” tutur Dubes Ishii.

Jepang merupakan salah satu mitrawicara ASEAN yang cukup berpengaruh bagi pertumbuhan perhimpunan negara Asia Tenggara ini. Hal tersebut juga diakui oleh Presiden RI Joko Widodo pada pertemuan KTT ASEAN di Filipina, tahun lalu.

“Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama ASEAN yang telah banyak berkontribusi kepada ASEAN. Diharapkan Jepang tetap berkomitmen dengan harapan bisa memberi efek positif bagi laju perekonomian,” kata Jokowi, kala itu.

Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Jepang terhadap ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Centre, yang telah bergerak membantu pemulihan kota Marawi, Filipina, dan membantu mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar. (FJR)

 

MetroTVNEWS.com

(http://internasional.metrotvnews.com/asia/Wb72BXaN-jepang-menganggap-indonesia-dan-asean-sebagai-tren-2018)

Leave a Comment

%d bloggers like this: