Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan tingkat harga dan pasokan produk perikanan sepanjang Ramadan hingga menjelang perayaan Idul Fitri akan stabil dan terkendali.

“KKP berupaya untuk menjaga stabilitas dan memastikan harga dan pasokan ikan selama puasa hingga jelang lebaran berjalan normal,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti seperti dikutip Antara, Rabu (15/6).

Beberapa upaya yang ditempuh KKP di antaranya, melalui konsolidasi data pasokan dan komunikasi dengan pemasok besar atau ritel modern, melakukan monitoring pasokan dan harga secara real time dan online, termasuk melakukan pantauan langsung secara selektif di kota-kota besar.

Kemudian di Jakarta Selatan ada di Pasar Pondok Labu, Pasar Minggu, di Jakarta Timur ada di Pasar Perumnas Klender dan Pasar Kramatjati. Sedangkan di Jakarta Utara ada di Pasar Sunter, Pasar Rawa Badak, dan Pasar Koja.Tidak cuma itu, KKP bahkan ikut menggelar operasi pasar di beberapa titik pasar di wilayah Jabodetabek. KKP mengajak PT KOMIRA, PT Perikanan Nusantara (Perinus), Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Intimas Surya untuk menjual produk ikan segar serta olahan ikan di sepanjang bulan Juni 2016.

KKP juga menggandeng beberapa instansi dan lembaga pemerintah untuk menggelar bazaar ikan murah, seperti Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dharma Wanita Persatuan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (DWP-KKP).

Bazar Ikan Murah itu dijadwalkan digelar mulai tanggal 14-25 Juni 2016 di beberapa pasar tradisional di DKI Jakarta. Sejumlah pasar yang menjadi titik bazar, antara lain Pasar Grogol di Jakarta Barat, Pasar Tomang Barat (Jakbar), serta Pasar Palmerah dan Pasar Johar Baru (keduanya di Jakarta Pusat).
Bazar diselenggarakan bekerja sama dengan PD Pasar Jaya, PT Perikanan Nusantara (Prinus), Perum Perikanan Indonesia (Perindo), Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (Komira) dan PT Intimas Surya.

Sedangkan di luar Jakarta, Bazar Ikan Murah diselenggarakan di Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jambi, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Papua, dan Bangka Belitung.

Sebagaimana diberitakan, melimpahnya ikan di kawasan perairan Indonesia yang merupakan dampak dari kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak otomatis meningkatkan produksi perikanan nasional sehingga perlu solusi guna mengatasinya.

“Melimpahnya sumber daya ikan di sebagian wilayah pengelolaan perikanan tidak secara otomatis meningkatkan produksi, apalagi berujung kepada (meningkatnya) tingkat kesejahteraan nelayan,” kata Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Abdul Halim kepada Antara di Jakarta, Selasa (31/5).

Menurut dia, kebijakan serta pengalokasian anggaran yang tepat merupakan kunci untuk menyelesaikan kendala di tingkat implementasi. Hal tersebut, lanjutnya, hingga kini dinilai masih menjadi salah satu pekerjaan rumah terbesar yang harus dihadapi institusi KKP.

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20160615123500-92-138284/kendalikan-pasokan-dan-harga-kkp-gelar-bazar-ikan-murah/