PT Daya Radar Utama, perusahaan galangan kapal nasional berbasis di Jakarta menyerahkan empat unit kapal Pengawas Perikanan Pesanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Jumat (8/4). Penyerahan secara simbolik dilaksanakan Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan kepada Sekjen PDSKP Syarief Widjaja. Seusai diserahkan, kapal langsung diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Direktur Utama PT DRU Amir Gunawan mengatakan kapal ini telah melewati seluruh proses dan tahapan pembangunan sehingga siap untuk diserahkan. “Kapal ini bermanfaat dalam mendukung program pemerintah di bidang pemberantasan ilegal fishing,” katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti mengatakan selama ini galangan kapal nasional tidak dianggap, akan tetapi setelah hari ini, galangan nasional tidak boleh dilecehkan lagi karena kemampuannya dalam membangun kapal sudah tinggi. “Lebih baik Impor bahannya daripada impor kapalnya. Jangan melecehkan kekuatan dalam negeri. Selama ini tidak diberikan ruang dan kesempatan,” kata Menteri yang disambut tepuk tangan oleh ratusan peserta peresmian.

Sebagai informasi, kapal ini memiliki panjang 60 meter, lebar 8,20 meter, tinggi 4,50 meter, kedalaman 4,37 meter, draft 2,17 dan mampu menerima crew kapal sebanyak 24 orang. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan 25 knot karena didukung oleh main engine MTU 2×2.560 KW. Fuel capacity mencapai 138.000 liter, sedangan fresh water capacity mencapai 30.000 liter.

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/empat-kapal-pengawas-perikanan-diserahkan/